Minggu, 22 Oktober 2017

Ketika HoneyMoonPeriod Overseas Student Habis


Yah ketika menginjakkan kaki pertama kali di negara orang terlebih di negara yang lebih maju dari Indonesia maka kita akan mengalami masa-masa bulan madu (HoneyMoonPeriod) - pengantin baru kale 😍 namun saya bersyukur waktu pertama kali ke LN 2007 saya sudah dapat sekilas grafik kehidupan menjalani hidup di LN, waktu itu mata Kuliah Cross Culture Understanding dengan asisten dosen Endang Prihatin yang super jutek di mata gua. Kenapa? Karena dia 'menyemprot' teman gua yang HPnya berbunyi di dalam kelas TOLONG HPNYA DISILENT, SAYA TAHU ANDA PUNYA HP JADI GAK PERLU DIBUNYIKAN..guvrakz... anak-anak bilang eh dia itu alumni luar loh? EGP kata gua waktu itu yang jelas judes...
pengantar gak penting 🙈🙏terus sebelum ke Aussie ada sesi PDT (pre departure training) jadi ada pembekalan dari kakak-kakak senior bahwa di LN itu kalian akan mengalami masa-masa seperti diatas (grafik rollercoaster) jadi sudah ada kesadaran, namun tetap saja terjadi walau sudah tahu teorinya. 😀
Semuanya menarik, semua dibandingin dengan Indo...excitement yang ekstrem menurut gua 😀😉 dan terheran-heran dengan suasana baru di negara tersebut yang membuat takjub tak berkesudahan 😂
Kayak apa?👇
saat tiba di suatu negara yang lebih kece dari Indo semuanya pengen diperlihatkan segala aspeknya, entah itu orangnya, lingkungannya, makanannya...banyaklah... segala yang membuat kita merasa WAH harus disosmed kan...
gua banget dulu itu....😻
dulu belum ada sosial media jaman 2007an itu jadi setiap menelpon ke keluarga sayalah yang mendominasi obrolan DISINI BEGINI DISINI BEGINI DISINI BEGINI. Jadi kalau diingat-ingat amat-amat NDESO orang yang sering ke LN dulu pasti ENNEG lihat omongan gua..😉
inilah "quote-quote" HoneyMoonPeriod:🙈
*dari transportasi akan dibanding-bandingkan dengan Indo -coba yah di Indo begini pasti lebih nyaman dan gak ada penculikan. -Hallo Herul sebelum kamu lahir di Indo sudah begitu-
*buah-buah disini segar yah dan sehat coba di Indo kayak gini pasti aku akan sehat "GLEK"
*HPku tertinggal di halte bus ALHAMDULILLAH TIDAK HILANG MALAH TETAP SAMA DENGAN POSISI SAYA TINGGALKAN -halo jauh sebelum kamu menginjakkan kaki disana, itu sudah budaya mereka "NORAK" kan? padahal pengen bilang HALLLO LIAT NIH GUA LAGI DI AUSTRALI 😆😚
*menikmati musim dingin dengan secangkir Teh Panas -Ini asli norak pake kupluk, terus dibela-belain beli teh yang gak pernah gua minati demi ngambil spot yang kece di satu sudut lalu beli jacket dan syal terbaik beserta sepatu musim dingin di Salvos 'NORAK'.☕️💥🤳🏼
Ketika HoneyMoonPeriod habis baru gua merasa bahwa ada kehidupan nyata di negara antah berantah ini harus dihadapi, 👉budaya serta prilaku orang setempat, kehidupan sosial seolah-olah sudah tertekan dengan aktifitas akademik. pengen berteriak KEMBALIKAN AKU KEPANGKUAN IBU PERTIWI tapi dibaca kalem dibawah naungan shower! 🚿😂
dulu semester satu gua program mata kuliah Collaborative Consultation dan dosennya ini memang punya basic counselling dan gua mengirim email ke dia kalau gua kayak ketakutan mengerjakan tugas, alhamdulillah dia membahas di kelas tentang kehidupan psikologis anak-anak international di awal study, nah hampir semua anak-anak internasional curhat even teman sekelas saya dari Amerika juga merasakan hal tersebut, apalagi kita yang kulturnya sangat beda.
yah demikianlah HoneyMoonPeriod itu ada saatnya akan usai, ketika sudah usai semua yang dianggap dulu kece-kece sudah biasa karena apa? 
yah sudah tiap hari dijalani dan akhirnya masa merindukan Indonesia tiba, bagaimana lagi simptomnya:
- dulu jelalatan pengen berteman sama bule sekarang kembali ke Teman Indonesia, IYA GUA BETE TUH SAMA SI BLA BLA BLA DIMINTAI CONTEKAN GAK MAU 😀👊🏾
- gua kangen masakan Indonesia 'hunting' kuliner Indonesia nan mahal atau bela-belain ngumpul sesama Anak Indo untuk masak masakan Indo - gua kangen gerobak dorong di depan rumah di Indo, cuma loncat aja sudah ketemu mas-mas siomay...🍩🍢🍛
- dosennya kok kayak gini yah? gua nanya ini dijawab ini, mendingan kuliah di Indonesia kalau kayak gini, gua kok merasa orang tergoblok di kelas, kayak kambing congek, YAH ITU TADI LO KAN BELAJAR DI NEGARA MANA DAN LITERATURE MEREKA APA? ndeso kuadrat!!👨‍💻
ini contoh pribadi saya, saya tidak mau menyinggung orang lain, makanya waktu saya study saya menonaktifkan FB saya setahun sebelum berangkat dan 2 tahun selama study dan terbebas dari kenorakan dulu-dulunya.😶🤳🏼😆
padahal di balik itu saya menangis bombay saat dikejar deadline tugas dan pulang dari kampus jam 03:00 pagi, mengeram di Lab komputer. Kok gak lo abadikan Rul kayak foto-foto lo dengan salju? 💭💨yah kagaklah wong orang lagi menangis bombay mana sempat nyari kamera 📸 😎
Jadi di balik foto salju di Mount Buller, gagahnya Menara Eifell, indahnya malam di Melbourne, Eloknya musim semi, dan kehangatan bersama warga setempat ada setumpuk tangisan duka dikejar deadline tugas. 🤝
tapi masih adalagi fase-fase lainnya hingga akan berakhirnya study yang membuat grafik kehidupan kayak rollercoaster,🙏
setiap orang beda pengalaman dan beda cara mengalami namun ada baiknya kita bekali diri 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gerakan Donasi Penghafal Qur'an Yatim / Berprestasi

Bismillah THE VOLUNTEERS adalah komunitas yang bergerak dalam dunia Islam dan kemanusiaan. Kali ini kami memperkenalkan program kami khusus...