Sabtu, 21 Desember 2013

Frequently Asked Question Beasiswa ITEC India


Frequently Asked Question soal Beasiswa ITEC India
Dengan makin banyaknya pertanyaan yang masuk ke email saya dan jika diperhatikan pertanyaannya hampir sama maka saya merangkumnya sebagai berikut. Apa yang saya tulis berdasarkan pengalaman saya bukan pernyataan resmi dari suatu lembaga tertentu sehingga ada beberapa rekan-rekan yang mungkin akan mengalami prosedur yang berbeda namun tujuan saya hanya untuk memberikan gambaran proses pendaftaran beasiswa ini.
Mohon untuk dibaca dengan jelas sebelum mengirimkan pertanyaan yang memang sangat spesifik ke email saya khairullah.razak@gmail.com  dan apabila email tersebut saya tidak mampu menjawab karena bukan otorisasi saya akan saya teruskan ke Mr.Manoj Joshi, Konsulat India Bali di edu@cgibali.in  . Terima kasih!

  • Bagaimana proses melamar beasiswa ITEC?
Proses pertama dari melamar beasiswa ini adalah melihat kriteria pelamar yang diinginkan silhkan cek disini. Jika memenuhi persyaratan silahkan download aplikasinya di link ini dan diisi selanjutnya sertakan Daftar Riwayat Hidup, Ijazah dan trasnkrip terakhir, Surat rekomendasi dari atasan dan nilai bahasa Inggris TOEFL atau IELTS.

  • Bagaimana tahapan seleksi hingga dinyatakan lulus?
Saya tidak bisa memastikan bagaimana prosudernya karena mungkin ada perbaikan dari tahun ke tahun dari pihak Kedutaan dan Konsulat India di Indonesia ditambah lagi pihak yang menangani aplikasi beasiswa ITEC di Indonesia ada beberapa tergantung daerah yakni Kedutaan Besar India di Jakarta, Konsulat India di Medan, Bali dan Surabaya.
Namun berdasarkan pengalaman saya yang berasal dari Palu, Sulawesi Tengah melamar beasiswa ITEC melalui Konsulat India di Bali yakni berkas saya kirimkan sebulan sebelum program yang saya pilih (ini jangan ditiru) setelah berkas sampai saya dihubungi oleh staf Konsulat India di Bali yang menyatakan bahwa berkas saya sudah sampai dan benar saya berniat untuk melamar ITEC dan segera akan diteruskan ke pihak Bapak Konsul India di Bali jika memenuhi syarat akan dilanjutkan dengan mengirim aplikasi saya ke Institusi yang saya pilih untuk belajar di India dalam hal ini Aptech. Jika sudah dinyatakan eligible berkas diteruskan ke Kementerian Luar Negeri India. Jika prosesnya lancar saya akan diwawancarai. Proses ini seminggu karena sudah mepet waktunya mungkin kawan yang lain bisa lebih lama. Saya diwawancara dan dikabarkan lulus dan surat resminya via email akan dikirimkan.

  • Apakah ada format CV?
Tidak ada, Anda bebas untuk berkreasi selama memenuhi koridor penulisan yang baik.
Note jangan lupa menyertakan email dan nomor handphone Anda di CV hal ini penting untuk karena pihak Konsulat India akan menghubungi Anda.

  • Haruskah memasukkan motivation statement dalam aplikasi beasiswa ITEC?
Tidak ada salahnya memasukkan motivation statement dan rencana yang akan dilakukan setelah mengikuti short course di India namun jangan sampai dokumen penting yang dipersyaratkan terlewatkan jadi penuhi dulu yang wajib baru yang tambahan-tambahannya.

  • Persiapan apa saja yang dilakukan saat menyiapkan aplikasi ITEC?
Persiapan apa yah? Hmmm.. menurut saya isi berkasnya dengan baik. Pelajari tujuan dari beasiswa ini dan hubungkan dengan isian Anda dan selalu proaktif menghubungi pihak Konsulat India jangan menunggu dihubungi. Untuk persiapan berkas semuanya dalam bahasa Inggris dan usahakan ijazah dan transkrip sudah diterjemahkan.

  • Materi saat seleksi beasiswa ITEC?
Wawancara dilangsungkan dalam bahasa Inggris melalui telpon jadi kita tidak perlu datang (ini pengalaman saya dan saya tidak tahu dengan pengalaman teman-teman yang daftar via Kedutaan/Konsulat India di lain tempat). Wawancara hanya memastikan alasan kita ikut beasiswa ini, mengkonfirmasi tugas di tempat kerja kita, beberapa informasi yang tertulis dalam aplikasi dan daftar riwayat hidup yang telah kita isi.

  • Bagaimana jika belum pernah melakukan test  TEOFL dan IELTS?
Sebaiknya Anda mengambil test TOEFL atau IELTS sebagai wujud kesungguhan Anda melamar beasiswa. Jika memang terkendala dengan dana pakai TOEFL prediksi atau sertifikat Bahasa Inggris ini berdasarkan pengalaman teman saya namun saya tidak punya wewenang untuk mensyaratkan TOEFL prediksi dan sertifikat bahasa inggris.


  • Bagaimana cara memilih course? Apakah kita bisa memilih atau dipilihkan?
Cara memilih course adalah dengan mempertimbangkan bahwa course yang akan Anda ambil akan menambah ilmu pada bidang yang sedang Anda geluti sekarang dan Anda yang memilih course yang  sesuai dengan kebutuhan Anda.


  • Bolehkah hasil nilai TOEFL prediksi dilampirkan untuk persyaratan ITEC?
Memungkinkan tapi ada baiknya mengambil TOEFL ITP namun beberapa teman saya mereka bisa lulus dengan melampirkan TOEFL prediksi dan sertifikat bahasa Inggris.

  • Interviewnya dalam bahasa Inggris atau bahasa Indonesia?
Interview dilaksanakan dalam bahasa Inggris.



  • Kapan Beasiswa ITEC dibuka pendaftarannya?
Beasiswa ITEC buka sepanjang tahun yang perlu diperhatikan adalah jadwal course dimana aplikasi Anda sudah harus diterima oleh Konsulat di Bali setidaknya 3 bulan sebelum jadwal dimulainya course tersebut.


  • Berapa Nilai TOEFL yang dipersyaratkan?
Berdasarkan pengalaman saya dan teman-teman yang lulus tidak ada standar yang dipersyaratkan selama Anda bisa berkomunikasi dalam bahasa Inggris dan bisa survive di negeri orang maka Anda pasti dapat beasiswa ini.


  • Haruskah mengirim berkas asli TOEFL?
Tidak ada keharusan tapi baiknya kirim fotokopi saja.



  • Jika aplikasi saya ditolak apakah masih bisa mengirimkan pada periode berikutnya?
Bisa, saya mempunyai beberapa teman yang memasukkan berkas sebanyak dua kali. Jika dinyatakan belum lulus minta feedback apa yang harus diperbaiki.


  • Apakah bisa melamar bidang course yang tidak sesuai dengan pekerjaan?
Saran saya sebaiknya Anda mengambil course yang sedang dibutuhkan pekerjaan Anda karena Anda tidak kebingungan menjelaskannya kenapa mengambil course ini dan tentu Anda sudah memiliki pengalaman dalam bidang tersebut sehingga membutuhkan tambahan ilmu untuk menjadi semakin profesional di bidang Anda.



  • Apakah bisa melamar bidang course yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan?
Bisa, jika Anda saat ini bekerja di bidang yang tidak sesuai dengan latar belakang pendidikan Anda sehingga mengharuskan Anda belajar hal baru maka memungkinkan bagi Anda untuk melamar bidang yang sesuai dengan yang digeluti saat ini.


  • Kemana aplikasi beasiswa ITEC saya harus kirimkan?
Anda harus memperhatikan di wilayah Indonesia bagian mana Anda berada karena ada 4 perwakilan India di Indonesia yang masing-masing membawahi wilayah geografis Indonesia yakni Kedutaan Besar India di Jakarta, Konsulat India di Medan, Konsulat India di Surabaya dan Konsulat India di Bali. Jika Anda berada di kawasan timur Indonesia Anda bisa mengirim berkas Anda ke Konsulat India di Bali dengan alamat:
Konsulat India Bali
Jl. Raya puputan No. 163, Renon, Denpasar, Bali- 80235
Telp. 0361-259501

  • Kapan aplikasi ITEC harus dikirimkan?
Sebaiknya 3 bulan sebelum  course yang Anda inginkan dimulai karena prosesnya lumayan panjang dan ada kemungkinan Anda dimintai berkas tambahan jika berkas dirasa belum lengkap. Mendaftar lebih awal lebih baik karena pelamar dari Indonesia lumayan banyak terutama dari Indonesia Barat. Menurut info yang tidak resmi bahwa untuk tiap program course ITEC Indonesia memiliki jatah 2 orang maka jika jatah 2 orang sudah terisi pada saat Anda melamar besar kemungkinan Anda menjadi cadangan menunggu jatah dari negara lain mungkin ada yang tidak terisi baru Anda bisa masuk atau Anda dipindahkan ke course yang sama periode berikutnya atau Anda disuruh memilih course yang lain.

  • Apakah beasiswa ini hanya bagi Pegawai Negeri Sipil?
Beasiswa ini terbuka untuk umum asal profesi Anda berhubungan dengan peningkatan pembangunan di Indonesia. Saya rasa hampir rata-rata beasiswa memberikan kesempatan bagi mereka yang bersentuhan langsung dengan pembangunan.


  • Apakah beasiswa ini diprioritaskan bagi PNS?
Saya tidak melihat adanya prioritas diberikan kepada PNS. Selama profesi Anda bersentuhan dengan pembangunan Indonesia dan Anda bisa mencari jalan untuk menghubungkan profesi Anda dengan pembangunan Indonesia karena biar profesi PNS kalau dalam isiannya tidak bisa menghubungkan course yang diambil dan kontribusi ke masyarakat saya rasa pihak pemerintah India akan berfikir juga untuk meluluskan aplikasi Anda. Jadi kesempatan terbuka bagi PNS dan bukan PNS.


  • Untuk surat rekomendasi apakah dari atasan langsung atau kampus?
Sebaiknya surat rekomendasi ditandatangai atasan langsung Anda karena course di India ini mengenai pengembangan pada bidang pekerjaan Anda saat ini.


  • Setingkat apakah atasan yang bisa menandatangani  surat rekomendasi ITEC?
Untuk yang bekerja di pemerintahan minimal eselon II yang menandatangani sementara untuk bukan PNS mungkin setingkat direktur kali yah?


  • Apakah pelamar sudah harus bekerja?
Ya, pelamar sudah harus bekerja. Pada persyaratan di situs ITEC pengalaman kerja minimal 3 tahun namun saya memiliki teman yang lulus  hanya memiliki pengalaman kerja kurang dari 3 tahun.


  • Apakah pelamar sudah harus sarjana?
Tidak harus, lulusan SMU dan diploma bisa melamar ITEC.


  • Apa saja yang harus disertakan untuk melamar beasiswa ini selain form aplikasi?
Yang harus disertakan beserta isian aplikasi adalah Rekomendasi atasan langsung, daftar Riwayat Hidup, Nilai TOEFL/IELTS, Transkrip ijazah. Usahakan semua dokumen dalam bahasa inggris. Bisa juga menambahkan dokumen penunjang lainnya sesuai kemampuan Anda tapi harap penuhi dulu yang wajib.

  • Alamat Pengiriman berkas?
Ke Kedutaan/ Konsulat India yang membawahi daerah Anda. Untuk alamat masing-masing Kedutaan/Konsulat India silahkan ditanya sama mbah google.


  • Jurusan dan bidang apa saja yang bisa diambil pada program ITEC?
Keuangan, Audit, Perbankan, IT, Telekomunikasi dan Bahasa Inggris, Manajemen Keuangan, SME/ Rural Development, beberapa bidang khusus dan teknis dan environment and renewable energy.


  • Perlu TOEFL atau IELTS?
Dua-duanya bisa


  • Bagaimana bila jurusan diinginkan tidak ada?
Saran saya Anda bisa mengambil jurusan yang lebih umum seperti IT, Telekomunikasi dan Bahasa karena bidang ini dibutuhkan pada semua jenis pekerjaan.


  • Apa saja yang dibiayai pada beasiswa ITEC?
Yang dibiayai ITEC adalah tiket dari departure point (dalam hal ini saya melamar lewat Konsulat Bali jadi tiket yang ditanggung adalah Bali – New Delhi dan New Delhi – Bali sehingga tiket dari Palu ke Bali tidak ditanggung), akomodasi selama program, angkutan ke lembaga penyelenggara short course, uang saku 25.000 rupee perbulan (bisa kena potongan makan malam atau pagi sesuai dengan keputusan masing-masing lembaga short course), dan asuransi kesehatan dan perjalanan ke Agra-Jaipur Rajastan dan beberapa tempat menarik, bersejarah dan kota lain di India (masing-masing course berbeda skemanya)


  • Bagaimana pengurusan visa setelah terpilih?
Pihak Konsulat India akan menghubungi kita dan menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Visanya gratis kita hanya diminta mengisi aplikasi form visa secara online, bank statement dan foto yang dikirim ke Konsulat.


  • Apakah harus datang ke Kedutaan atau Konsulat India untuk mengurus visa?
Tidak perlu, kita hanya diminta untuk mengirimkan paspor asli ke Konsulat India dan visa akan diproses. Selanjutnya visa dan pasport dapat diambil di Konsulat beberapa hari sebelum kita berangkat ke India.


  • Berapa biaya pengurusan visa?
Gratis


  • Apakah ada wawancara?
Hanya wawancara via telpon lewat staf konsulat India


  • Kapan dinyatakan lulus?
Apabila berkas yang Anda masukkan memenuhi syarat dan mendapat persetujuan oleh Pemerintah India dan Anda dinyatakan layak oleh lembaga penyelenggara short course Anda di India dan  selanjutnya Konsulat India akan mengirimkan notifikasi jika Anda lulus yang dibuktikan dengan Nota Diplomatik.

  • Bolehkah melamar ITEC bila umur masih kurang dari 25 tahun?
Sebaiknya Anda menunggu berumur 25 tahun namun salah satu teman saya lulus beasiswa ini meski umurnya saat melamar beasiswa ini 23 tahun. Tidak ada salahnya dicoba.

4 komentar:

  1. Dear Mas Herul,
    terima kasih sudah mau menjawab pertanyaan2 saya yang mungkin terlalu naif. semoga sukses dengan Aussie nya.

    BalasHapus
  2. terima kasih mbak Puan, ini sangat berharga bagi saya dan mohon masukannya jika masih ada yang kurang di blog ini demi perbaikan informasi untuk pengejar beasiswa ITEC di Indonesia..

    Sukses untuk programnya di ITEC insya Allah

    BalasHapus
  3. Assalaamu'alaikum mas Khairul, perkenalkan saya Rendi dari Kemenaker. Numpang nanya : apakah mas Khairul punya teman atau kenalan orang Indonesia yg pernah ikut Master's Degree in Human Resource Planning & Development di Institute of Applied Manpower Research (IAMR) Delhi? Saya sudah kontak PPI India via FB, tapi katanya tidak ada orang Indonesia yg kuliah di jurusan tsb. Mungkin mas Khairul bisa berbagi info jika ada sebab saya tertarik kuliah di jurusan tsb. Trima kasih :)

    BalasHapus
  4. bagaimana dengan makanan disana, apakah disediakan makan yg dijamin halal? seperti ayam atau daging yg halal?
    terimakasih

    BalasHapus

Gerakan Donasi Penghafal Qur'an Yatim / Berprestasi

Bismillah THE VOLUNTEERS adalah komunitas yang bergerak dalam dunia Islam dan kemanusiaan. Kali ini kami memperkenalkan program kami khusus...