Sabtu, 11 Januari 2014

Alasan Saya Ngeblog


Diantara banyak alasan mengapa saya menulis di blog karena saya sudah beberapa kali mendapatkan beasiswa dimana sampai sekarang kontribusi saya untuk bangsa belum dapat saya lakukan secara maksimal. Saya menyadari hal tersebut dikarenakan keterbatasan waktu dan usaha saya. Pada akhirnya saya menyadari untuk menuliskan pengalaman dan cara-cara mendapatkan beasiswa sesuai apa yang saya pernah lalui. Mungkin dengan berbagi makin membuat banyak orang lain yang membaca tulisan saya sehingga mereka bisa berpartisipasi untuk mendapatkan beasiswa juga. Saya telah menerima beasiswa dan saya belum bisa mengaplikasikan sepenuhnya janji-janji saya sehingga untuk saat ini langkah kecil inilah dengan berbagi cerita.

Keinginan menuliskan pengalaman saya terjadi ketika menghadiri wawancara beasiswa Australia Awards Scholarships (AAS) di Makassar dimana salah seorang pewawancara yang merupakan seorang pengajar dari salah satu universitas di Australia mengkonfirmasi bahwa benar saya satu-satunya peserta yang berasal dari Sulawesi Tengah. Saya dengan tidak yakin menjawab iya sepertinya cuma saya karena saya sempat berkenalan dengan beberapa peserta lain sebelum masuk ruang wawancara dan saya tidak menemukan peserta dari Sulawesi Tengah. Sedih, agak kesal juga kok bisanya cuma sendiri. Kan enak kalau ada teman sekampung kayak peserta lain. Semenjak saat itu saya berjanji untuk mempromosikan bahwa banyak peluang memperoleh beasiswa bagi anak-anak di Indonesia terutama dari daerah saya, Sulawesi Tengah. Saya memiliki tanggung jawab untuk memperkenalkan beasiswa AAS kepada anak-anak di Sulawesi Tengah. Bayangkan di tahun 2013 ada sekitar 400an penerima beasiswa AAS dan hanya saya sendiri dari Sulteng. Teman sekelas, orang-orang yang saya jumpai dan pengajar di IALF menanyakan jumlah penerima beasiswa AAS dari daerah asal saya. Dan selalu saya jawab hanya sendiri, dalam hati saya berucap masih bersyukur tahun ini ada yang lulus dari Sulteng mungkin saja tahun-tahun sebelumnya tidak selalu ada yang lulus dari Sulteng.

Ditambah lagi saat saya melamar beasiswa Indian Technical Economic Cooperation  (ITEC) beasiswa short course dari Pemerintah India yang ditujukan kepada anak-anak Indonesia dimana staf dari Konsulat India di Bali menyampaikan bahwa apakah masih ada kawan saya yang akan mengikuti program dari beasiswa tersebut. Yang terbesit dalam hati saya saat itu bahwa saya dulu yang berangkat ke India dan saya akan mengajak kawan-kawan saya untuk mengikuti beasiswa ini. Saya pun berjanji akan mempromosikan beasiswa ini dan menuliskan prosedur menerima beasiswa ini dan pengalaman saya belajar di India.

Selain itu beberapa kawan meminta saya untuk menuliskan pengalaman saya selama mendapatkan beasiswa agar bisa berbagi kisah. Awalnya saya berfikir kalau tulisan saya tak sebagus tulisan orang-orang di blog tapi akhirnya saya sadar kalau saya tidak membagi ilmu saya akan berdosa, meskipun yang saya lakukan adalah hal kecil namun Insya Allah akan bermanfaat bagi yang membaca. Memang sebenarnya ilmu dan pengalaman akan semakin memberi manfaat manakala kita bagikan kepada orang lain. Alhamdulillah saya merasa sangat bersyukur jika tulisan saya bisa memberikan makna tersendiri bagi yang membacanya. Insya Allah saya akan sempatkan untuk tetap menulis tentang apa yang saya alami saat mendapat beasiswa. Mungkin inilah 'ole-ole' bagi mereka yang membutuhkan ole-ole dari negara yang saya kunjungi. hehehe

Rasanya tak adil rasanya jika  dulu  selama saya mengejar beasiswa bahkan sampai sekarang sangat gandrung membaca blog-blog penerima beasiswa dan sekarang saya 'pelit' untuk berbagi pengalaman maka saya putuskan untuk membagi sedikit pengalaman saya yang belum seberapa ini. Saya memberanikan diri menuliskan kisah-kisah saya dan alhamdulillah respon orang yang membaca sangat positif.


Demikianlah alasan saya ngeblog, semoga dunia baru yang saya masuki bisa memberikan manfaat bagi diri saya sendiri untuk memperbaiki diri serta memberikan manfaat bagi yang membaca. Amin.


Khairullah
khairullah.razak@gmail.com

2 komentar:

  1. blog anda sangat bermanfaat sekali buat saya khususnya dan buat teman-teman lain untuk motivasi mengejar beasiswa dari LN..makasih pak

    BalasHapus
  2. Terima kasih telah berbagi tip dan pengalaman. Jarang ada blog yang memberi informasi lengkap tentang bagaimana cara mendapat beasiswa disertai pengalaman dalam menggapainya.
    Betul kata orang belajar dari pengalaman dari orang lain tak kalah pentingnya dari pada belajar dari buku.
    Saya temukan blog ini dengan kata kunci PPAN. Semoga bisa seperti diri Anda yang diberih begitu banyak anugrah dan semoga bisa lulus PPAN juga ICYEP. Amin
    Jazakumullah Khairan.

    BalasHapus

Gerakan Donasi Penghafal Qur'an Yatim / Berprestasi

Bismillah THE VOLUNTEERS adalah komunitas yang bergerak dalam dunia Islam dan kemanusiaan. Kali ini kami memperkenalkan program kami khusus...