Jumat, 10 Januari 2014

Apakah Beasiswa ke Luar Negeri Hanya Bagi PNS?

Selama ini ketika membagikan pengalaman saya bagaimana mengejar beasiswa pertanyaan yang sering muncul bahwa apakah yang bukan PNS bisa lulus beasiswa. Saya menjawab iya karena pengalaman dari teman-teman saya berikut ini merupakan pegawai non-PNS pada saat menerima beasiswa, inilah beberapa teman-teman saya yang berhasil meraih beasiswa dari sektor swasta:

  1. Asriadi Masuarang, merupakan alumni Fakultas Ekonomi Universitas Tadulako yang berhasil meraih beasiswa ERASMUS MUNDUS di Belanda. Saya menyebut dia sebagai maestro saya karena dialah yang selalu memotivasi saya dalam mengejar beasiswa. Setahu saya dia melamar beasiswa sebanyak 8 kali yang pada akhirnya menerima beasiswa yang sangat bergengsi untuk kuliah di Wageningen University Belanda.
  2. Rachmania Bachtiar bekerja sebagai dosen di Universitas Muhammadiyah Palu yang merupakan senior saya di program studi Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Tadulako. Sepengetahuan saya dia melamar pertama kalinya untuk program Master melalui beasiswa New Zealand Aid yang akhirnya menghantarkan dia untuk belajar di Universitas Victoria di Wellington.
  3. Gagak Handoko, penerima beasiswa dari program ERASMUS MUNDUS dengan menempuh program master pada dua kampus di Universite Joseph Fourier, Grenoble, France. 2. University of Pavia, Pavia, Italy pada jurusan MEEES (Master of Earthquake Engineering and Engineering Seismology)
  4. Tika Setiyati bekerja di Jamsostek untuk wilayah Sulawesi Tengah dan sekarang sedang mengambil program master di Manchester University major Organizational Change and Development. Tika adalah seorang sahabat yang sangat ulet dan saya bertemu pertama kali  saat belajar TOEFL di ELC tahun 2011.
  5. Ingrid Siahaan, alumni Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang berhasil meraih beasiswa dari Pemerintah Australia untuk melanjutkan pendidikan pada program Master of Public Health di Monash University. Sebelumnya dia bekerja di LSM di Papua
  6. Wina Hartati, seorang guru di salah satu madrasah di Mataram dan sekarang sedang belajar di negeri Kangguru melalui beasiswa Australia Awards Scholarships.
  7. Irhami, pria asal Aceh ini merupakan staf pengajar pada Pondok Pesantren Dayah Modern Darul Ulum ini berhasil meraih beasiswa dari pemerintah Australia dan melanjutkan program master of education di Monash University.
  8. Arsyad, dosen pada IAIN Mataram merupakan penerima beasiswa Australia Development Scholarship yang telah menyelesaikan pendidikannya di Fliniders University
  9. dan beberapa nama lainnya Selus Fahik, Louis, Lia, Pria Santri Beringin dan Elyda Misrohmasari serta masih banyak nama-nama lainnya. Lalu apakah Anda masih mau menunda peluang beasiswa Anda?
TO BE CONTINUED

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gerakan Donasi Penghafal Qur'an Yatim / Berprestasi

Bismillah THE VOLUNTEERS adalah komunitas yang bergerak dalam dunia Islam dan kemanusiaan. Kali ini kami memperkenalkan program kami khusus...