Sabtu, 14 Desember 2013

Pengalaman Beasiswa ITEC India

Beasiswa Short Course dari Pemerintah India merupakan beasiswa yang ketiga kalinya saya dapatkan dengan nama program  English Proficiency and IT Skills selama 10 Minggu di New Delhi pada tanggal  12 Juni 2012 – 20 Agustus 2012. Nama beasiswa ini adalah Indian Techology and Economic Cooperation (ITEC) yang ditujukan untuk negara-negara di Asia, Afrika dan Amerika Latin.


Beasiswa ini bertujuan memberikan kesempatan kepada negara-negara berkembang untuk menimba ilmu di berbagai sektor di India yang telah kita ketahui India sudah sangat maju untuk beberapa sektor seperti IT dan Pertanian. Pada program ini kita akan bertemu dengan peserta dari berbagai negara yang kita pun bisa berbagi pengalaman dengan mereka. Pengalaman yang sangat berharga dalam hidup saya dan memperkaya pemahaman saya terhadap budaya orang lain. Tentu hal tersebut bisa membuka cakrawala berfikir saya dengan  bertemu dengan teman dari Chile, Honduras, Mongolia, Nepal, Panama, Bhutan, Kyrgiztan, Turkmenistan, Uzbekistan, Kongo, Zimbabwe, Mesir, Senegal, Gambia, Komoro, Tanzania dan Vietnam.

Selama program berlangsung, kita ditempatkan di hotel dan setiap peserta mendapatkan 1 kamar. Hal ini menghindari benturan budaya apabila berbagi kamar dengan peserta lain. Setiap harinya transportasi dari hotel ke kelas menjadi tanggungan panitia dengan menyiapkan mobil antar jemput buat peserta.

Adapun fasilitas yang diberikan beasiswa ini adalah roundtrip tiket dari bandara internasional dari negara masing-masing peserta dari dan ke India, uang saku selama program, liburan 4 hari ke Agra (tiap program berbeda), Jaipur dan Rajhastan dan layanan medis selama program.

Adapun bidang-bidang yang bisa diambil diantaranya Keuangan, Audit, Perbankan, IT, Telekomunikasi dan Bahasa Inggris, Manajemen Keuangan, SME/ Rural Development, beberapa bidang khusus dan teknis dan environment and renewable energy.


Lama dari coursenya sendiri berbeda-beda antara satu course dengan yang lainnya. Semuanya bergantung dari course yang kisarannya dari 2 – 20 Minggu. Disamping short course, beasiswa ini juga menawarkan beasiswa S2 untuk bidang-bidang tertentu.

Adapun isi dari program yang saya ikuti adalah belajar mengenai cara efektif berkomunikasi yang baik dalam bahasa Inggris yang sering kita temui dalam dunia kerja, pembuatan surat-surat dalam bahasa Inggris, soft skill dalam dunia kerja, teknik presentasi yang baik, ditambah pengetahuan dasar IT . Waktu pembelajarannya dari senin – jum’at namun kadang Sabtu juga harus masuk kelas untuk mengganti apabila di hari Senin-Jumat ada libur. Setiap harinya sekitar 4-5 jam kita belajar di dalam kelas selebihnya kita bisa jalan-jalan menjelajahi Kota New Delhi.

Untuk tenaga pengajar dan stafnya sangat membantu dan menurut saya pengajarnya sudah sangat berpengalaman di dalam bidang mereka masing-masing dan sepertinya mereka sudah terpilih untuk mengajar di institusi tersebut. Disamping itu, mereka sudah mengerti bagaimana mengajar international students sehingga kemampuan saya dalam berbahasa Inggris sangat terbantu sehingga menjadi nilai tambah untuk melamar beasiswa yang lainnya.

Beasiswa ini dibuka sepanjang tahun. Jika berniat untuk melamar silahkan perhatikan waktu coursenya. Sebaiknya memasukkan lamaran minimal 3 bulan sebelum program tersebut dilaksanakan.
Untuk mendownload formulir ini silahkan di http://itec.mea.gov.in/ dan kirimkan ke Indian Mission terdekat dari kota Anda. Sebagai informasi untuk kawasan Timur Indonesia Anda bisa mengirimkan aplikasi Anda ke Konsulat India, Bali Jl. Raya puputan No. 163, Renon, Denpasar, Bali- 80235.

 Sebagai informasi beasiswa ini ditujukan untuk umum. Saya sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil dan beberapa teman saya yang bekerja di sektor swasta telah berhasil mendapatkan beasiswa ini. Jika ada diantara rekan-rekan yang ingin mencoba silahkan. Beasiswa ini layak dicoba.

6 komentar:

  1. apply ah...
    lumayan kalo dapet liburan 3 bulan...mwhihihi..
    *salah fokus*

    BalasHapus
  2. Hai Eya, silahkan dicoba untuk lebih jelasnya baca juga tulisan saya http://khairullahabdulrazak.blogspot.com/2013/12/frequently-asked-question-beasiswa-itec.html

    BalasHapus
  3. Anda bilang seperti ini "Sebaiknya memasukkan lamaran minimal 3 bulan sebelum program tersebut dilaksanakan.".

    Yang jadi pertanyaan saya, program tsb dilaksanakan setiap bulan apa? Mohon infonya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. http://khairullahabdulrazak.blogspot.com.au/2013/12/frequently-asked-question-beasiswa-itec.html

      silahkan baca tulisan saya tersebut disana ada link untuk melihat jadwal dan brosur ITEC

      Hapus
    2. Bermanfat sekali saya insyaallah mau mencoba aplly bln ini untuk kegiatan di bln januari 2016 nanti , ada tips n triknya kah mas terima kasih

      Hapus

Gerakan Donasi Penghafal Qur'an Yatim / Berprestasi

Bismillah THE VOLUNTEERS adalah komunitas yang bergerak dalam dunia Islam dan kemanusiaan. Kali ini kami memperkenalkan program kami khusus...