Selasa, 12 Desember 2017

Seni Menentukan Tujuan Hidup


Menemukan tujuan dalam hidup ini tidaklah sama dengan mencari pekerjaan. Beberapa orang harus melalui proses panjang dan berliku bahkan ada yang hidup tak menemukan tujuan hidupnya hingga akhir hayat. Menemukan tujuan hidup ini bukanlah hanya sekedar menemukan sesuatu yang membuat kita senang dan bahagia. Ini adalah menggali yang terbaik dari diri sendiri dari apa yang paling kita inginkan dalam hidup ini lalu memberikan yang terbaik untuk kehidupan. 

Orang tua menemukan tujuan hidupnya dengan mendidik anak, seorang guru memiliki tujuan mencerdaskan siswa, pendakwah ingin menyebarkan kebaikan kepada orang lain, seorang dokter menemukan tujuannya dengan mengobati pasien. 
Kunci utama adalah menggali yang terbaik dari diri untuk melayani orang lain. Banyak dari kita mencapai tujuan hidup melalui pekerjaan dimana kita merasa ingin berdedikasi dan dibutuhkan namun bagaimana jika kita tidak menemukan ketenangan dalam pekerjaan termasuk tidak merasakan ikatan rasa memiliki dalam pekerjaan?
Sulitnya mendapatkan pekerjaan, hingga isu PHK dan gaji menjadi bahasan tersendiri. Nah jika manusia dalam menjalani aktifitas tanpa sebuah tujuan maka akan merasa jenuh dan hampa. Kita tak perlu menemukan tujuan tersebut dalam pekerjaan namun tujuan hidup memberikan kita alasan untuk tetap bertahan hidup menjalani hari-hari dan mendorong kita untuk tetap semangat untuk maju. 
Merasakan adanya kekuatan lain yang menggerakkan semesta ini dan adanya yang mengawasi kita secara utuh dalam kehidupan kita salah satu cara terkontrol dalam tujuan hidup. Ada yang merasakan hal tersebut saat berada dalam sujud dalam shalat, ada yang merasakan saat memberi kepada sesama, ada yang merasakan hal tersebut saat sendiri yang biasa disebut tafakkur dalam Islam, dan ada pula yang merasakan hal tersebut dengan bermeditasi serta menyepi. 
Inilah mungkin cara-cara menemukan tujuan hidup sehingga hidup lebih bermakna ðŸ˜‡

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gerakan Donasi Penghafal Qur'an Yatim / Berprestasi

Bismillah THE VOLUNTEERS adalah komunitas yang bergerak dalam dunia Islam dan kemanusiaan. Kali ini kami memperkenalkan program kami khusus...