Rabu, 06 Desember 2017

Belajar Manajemen dari Sebuah Islamic Center di Negeri Kangguru

😇
Islamic Society of South Australia (ISSA) Adelaide adalah sebuah komunitas muslim terbesar di Australia Selatan yang terletak di Kota Adelaide yang memiliki sebuah masjid, kantor, dan hall untuk pertemuan. Ada banyak hal yang bisa didapatkan jamaah muslim saat berkunjung ke tempat ini seperti jadwal shalat di Adelaide, info tentang kegiatan muslim di Australia, informasi kegiatan donasi ke berbagai negara, konsultasi Islam, Belajar Islam, Belajar Al Qur'an, Kajian Islam, dan masih banyak lagi.




Adalah masjidnya yang begitu bersih dan berfasilitas lengkap ditambah lagi pelaksanaan waktu shalat tepat waktu. Yang membuat bersih masjid tersebut adalah adanya penjaga masjid (marbot) yang digaji layak dengan tugas dan tanggung jawab yang jelas. Contoh kasus tissu habis saja di toilet akan menjadi ocehan orang di negara maju atau cairan pembersih tangan sudah habis akan menjadi isu meskipun bahan-bahan tersebut sudah ada stocknya di dalam lemari yang dekat dengan toilet dan tempat wudhu.
Saya melihat orang-orang di negara maju seperti Australia sangat royal dalam membelanjakan uangnya di jalan Allah termasuk masjid. Sudah biasa seseorang berdonasi 1,000 AUD jika dikonversi Rp 10.000,- maka setara Rp 10jt. Mereka pun mendatangkan imam yang disebut syeikh khusus untuk mengimami mereka shalat berjamaah. Imam hanya bertugas mengurus jamaah dan mengimami shalat dan tidak ada namanya bekerja sampingan. Full time mengurus umat hingga rumah dan fasilitas dibiayai oleh uang komunitas.
Sang imam juga adalah orang yang dihormati dan berkantor di ruangan khusus yang masih 1 lokasi dengan masjid. Sempat saya melongo ke dalam ruang kantornya, sangat amat layak. Disinilah dia melayani jamaah muslim yang mungkin hendak bertanya jadi seorang imam tidak kemana-mana ketika umat butuh dan seorang imam juga memiliki kemampuan agama yang tidak abal-abal karena yang bisa saya lihat hafalan Al-Qur'annya diatas rata-rata dan kemampuan tentang fiqihnya juga mumpuni karena jamaah muslim yang datang dari berbagai belahan dunia dengan mazhab berbeda harus mampu dia jembatani tuntutannya. Untuk masalah Fiqih biasanya Imam menjelaskan mana yang paling kuat dalilnya sehingga hal tersebutlah yang dipakai.
Ditambah lagi hubungannya dengan negara Timur Tengah sangat kuat sehingga besar kemungkinan ada supply donasi dari sana. Satu lagi disini kita bisa berdonasi dengan sistem gesek dari kartu debit/kredit kita. 
Khusus untuk penjaga masjid ini hal yang tidak bisa disepelekan. Masjid selalu dalam keadaan bersih sebelum shalat 5 waktu dan penjaga masjid harus standby setiap shalat 5 waktu untuk adzan dan iqamah. Terkadang ada kegiatan tambahan seperti pameran atau kajian maka penjaga masjid yang bertanggungjawab. Memastikan toilet dan tempat wudhu bersih, hari jumat dimana pekerjaan bertambah karena teras masjid harus dialasi tikar.
Volume pekerjaan akan bertambah bagi imam dan penjaga masjid ketika bulan Ramadhan karena adanya buka puasa selama bulan ramadhan dan makan malam serta shalat tarawih. Masjid ini juga digunakan i'tikaf dengan fasilitas lengkap. Untuk 10 hari terakhir ramadhan Qiyamullail dilakukan berjamaah pukul 02:00 dinihari lalu dilanjutkan makan sahur dari sponsor tertentu yang selalu ada saja makanan tiap shubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Gerakan Donasi Penghafal Qur'an Yatim / Berprestasi

Bismillah THE VOLUNTEERS adalah komunitas yang bergerak dalam dunia Islam dan kemanusiaan. Kali ini kami memperkenalkan program kami khusus...